Indonesia kaya akan berbagai seni, budaya, dan berbagai macam suku menetap diberbagai pelosok bumi nusantara ini. Suku yang menjaga adat istiadat mereka serta menjaga kelestarian alam tanpa terpengaruh dengan perkembangan jaman. Dan salah satu yang tersisip dari berbagai suku ini adalah, Kampung Baduy Banten.

Suku baduy merupakan suku asli Kota Banten yang memegang teguh tradisi nenek moyangnya. Sama sekali tidak terpengaruh dengan keriuh ramaian kehidupan modern yang kita rasakan saat ini. Suku ini tinggal di Kabupaten Lebak, Banten.

Baca juga ya : Kuliner Banten yang Menggiurkan

Tetapi tetap dengan naluri manusia yang menyadari akan pentingnya bertahan hidup, para sesepuh baduy membuka peluang bagi generasi muda untuk hidup terbuka dengan modernisasi. Maka Suku baduy terbagi menjadi 2 bagian. Yaitu Baduy Dalam yang masih memegang teguh nilai – nilai tradisional, dan Baduy Luar yang hidup tidak jauh berbeda dengan masyarakat modern kebanyakan.

Papan pengumuman digerbang masuk Kampung Baduy
Papan pengumuman digerbang masuk Kampung Baduy

Mengapa kampung Baduy ini sangat menarik untuk dikunjungi

Beberapa hal yang bisa kita pelajari saat kita sedang berkunjung ke Wisata Banten?

  1. Belajar rendah hati dan bersikap sederhana

Mengunjungi Suku Baduy saat kita sedang Wisata Banten, secara tidak langsung membuat kita belajar tentang rendah hati dan sikap sederhana. Kita akan merasa malu dengan apa yang kita kenakan secara berlebihan ketika kita masuk ke dalam lingkungan masyarakat yang masih memegang teguh kesederhanaan yang diajarkan oleh nenek moyang kita.

  1. Mensyukuri dan menghargai alam

Suku baduy yang sangat tradisional masih mengandalkan kekayaan alam untuk kehidupan sehari – hari. Tidak mengenakan alas kaki saat berjalan. Meskipun harus di tempuh selama berhari – hari, suku Baduy akan tetap berjalan kaki kemanapun tujuan mereka.

  1. Wisata budaya dan sejarah

Mengunjungi Suku Baduy selain menjadi wisata budaya, tetapi juga sebagai wisata sejarah. Sesungguhnya seperti suku Baduy lah nenek moyang kita dulu hidup. Serba sederhana dengan mengandalkan alam sekitar untuk melangsungkan hidup sehari – hari. Suku Baduy percaya, bahwa mereka bertugas untuk menjaga keseimbangan dunia.

Amanat leluhur yang selalu dijaga
Amanat leluhur yang selalu dijaga
  1. Cagar budaya

Suku baduy telah di tetapkan sebagai cagar budaya pada tahun 1990, oleh pemerintah Kabupaten Lebak. Hal ini merupakan pengakuan paten bahwa Suku Baduy tidak dapat di ganggu oleh pihak manapun. Negara menjamin kelestarian suku ini.

  1. Tidak ada persaingan duniawi

Masyarakat baduy memiliki bentuk rumah yang sama. Tidak ada bermegah – megahan rumah dengan maksud menandakan bahwa orang tersebut mampu membangun rumah yang lebih megah dari pada orang lain.

Berwisata ke Wisata Banten Suku Baduy ini seperti wisata yang sangat mengena di hati ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here