Bali – Pulau Seribu Kuil

Pulau Seribu Kuil
81

Menikmati Wisata di Pulau Seribu Kuil

Pulau Bali di Indonesia sangat populer di kalangan wisatawan dari semua negara. Iklim yang menyenangkan, orang-orang yang ramah dan pemandangan yang indah adalah alasan utama mengapa begitu banyak orang menyukai tempat ini, tetapi Bali juga memiliki banyak hal yang ditawarkan pada tingkat budaya.

Bertolak belakang dengan populasi mayoritas Muslim di Indonesia, bagian terbesar dari populasi Bali adalah Hindu. Pengaruh agama ini ditemukan di seluruh pulau. Salah satu contoh terbaik dari pengaruh ini dapat ditemukan di banyak pura (Pura) di Bali. Karena itu pulau ini disebut pulau seribu kuil.

Baca juga : Wisata Jawa Tengah

Berbagai jenis candi

Kuil ada dalam berbagai bentuk dan ukuran dan melayani beberapa tujuan berbeda. Ada kuil-kuil rumah, kuil-kuil keluarga, kuil-kuil dalam bentuk desa, kuil-kuil di gua-gua, kuil-kuil yang menghormati sawah atau bahkan menghormati monyet. Karena keragaman ini tidak semua kuil di Bali sama pentingnya. Sebagian besar candi ini hanya digunakan oleh penduduk setempat sementara yang lain telah menjadi tempat wisata yang populer.
Kesamaan

Baca juga : Perjalanan Ramah Lingkungan di Bali

Ada banyak kesamaan di antara ribuan kuil. Mereka selalu dibangun di atas garis yang membentang dari laut ke gunung sedangkan bagian paling suci dari kuil dibangun paling dekat dengan gunung. Secara umum, candi ada tiga bagian: bagian depan, halaman dan bagian paling suci di dalam. Bagian ini berisi tempat-tempat suci untuk berdoa kepada dewa-dewa utama dan karena itu sering tidak dapat diakses oleh wisatawan.

Wisata kearifan lokal
Wisata kearifan lokal

Selain itu, sering diperlukan sebagai non-Hindu untuk menutupi kaki Anda dengan celana panjang atau sarung tradisional jika Anda ingin memasuki kuil suci. Wanita yang sedang haid juga tidak diizinkan memasuki pelataran bait suci. Gerbang split khas untuk kuil melambangkan gunung kosmik yang terbelah oleh kekuatan negatif dan positif dari alam semesta. Setiap 270 hari, ulang tahun sebuah kuil akan dirayakan dengan festival kuil yang diadakan oleh masyarakat Bali setempat.

Kahyangan Jagat

Kuil utama pulau ini adalah sembilan yang disebut candi Kahyangan Jagat. Karena arsitekturnya yang indah, sering kali ukurannya sangat besar dan lokasi yang unik ini juga merupakan kuil paling populer di kalangan wisatawan. Kuil-kuil ini, yang melindungi pulau itu dari roh-roh jahat, seringkali merupakan panggung untuk pertunjukan tari tradisional.

Banyak candi di seluruh Bali tidak hanya indah untuk dilihat dan dikunjungi tetapi juga merupakan bagian penting dari budaya pulau itu. Lain kali Anda berada di Bali jangan lupa untuk mengunjungi beberapa candi yang mengesankan dan sakral ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *